mtatataufik.id

media berbagi dan silaturahmi

Banyak Terbentang Jalan

Print Friendly, PDF & Email

Status FB 2 Desember 2018

3. Untuk Putra-putriku: di Dunia ini banyak terbentang jalan, pilihlah jalan kebenaran.

Manusia tidak bisa terlepas dari tindakkan untuk memilih; memilih jodoh, memilih jalan hidup, profesi, teman, organisasi dan lainnya. Ada banyak jalan dan tawaran untuk dipilih, namun dari semuanya itu jadikanlah dasar kebenaran sebagai pijakan dalam memilih.

Kebebasan untuk memilih memang ada pada diri kita, namun kebebasan itu bukan tanpa dasar yang harus dijadikan pijakan. Kebebasan itu dikembalikan kepada berpikir, bebas berpikir dengan sekuatnya untuk bisa menentukan pilihan. Setelah berpikir kuat dan menjatuhkan pilihan itu saja tidak cukup, karena masih ada satu tahapan lagi yang harus dilalui; berdoa. Jika kamu sudah kuat kemauanmu maka berdoa dan bertawakallah kepada Allah.

Untuk tindakan memilih ini dalam Islam diajarkan dengan melakukan shalat istikharah, shalat yang dianjurkan sebagai saran berdoa dalam menentukan pilihan, setelah itu baru tawakal, artinya menyerahkan segala usaha itu kepada Allah AWT. Dalam memilih sesuatu juga dianjurkan dengan melakukan musyawarah, meminta pendapat beberapa orang yang dipandang bisa memberikan pandangannya sehingga pilihan yang ditentukan bisa tepat. Lagi-lagi –walaupun demikian– tetap mesti diakhiri dengan tawakal; yaitu menyandarkan pencapaian apa yang menjadi pilihan tersebut kepada kekuatan Allah SWT sebagai bentuk keyakinan dan ketauhidan, bukan berdasarkan pada kekuatan hasil musyawarah. QS. 3:159.

Comments are Closed