Pertinggilah Kapasitasmu!

Print Friendly, PDF & Email

Status 6 desember 2018

8. Untuk Putra-putriku: Pertinggilah kapasitasmu, jangan sampai keinginan berkuasa melebihi kapasitasmu….

Kapasitas atau kemampuan itulah kuncinya untuk memimpin, putra-putriku, untuk bisa memimpin harus memiliki kapasitas yang melebihi mereka yang akan kalian pimpin. Karena pemimpin yang sebenarnya ia yang harus tampil ke depan ketika dibutuhkan, membantu mereka yang membutuhkan bantuan dalam segala hal. Untuk itu ada seni dan kecakapan tersendiri yang harus dimiliki dalam memimpin. Jika memimpin tanpa kapasitas hanya akan melahirkan kepemimpinan semu belaka, dan itu tidak berarti apa-apa bagi kelompok atau komunitas yang kamu sekalian pimpin. Pepatah Arab mengatakan: “Manusia tanpa pemimpin akan kacau, dan jika mereka menjadikan orang bodoh sebagai pemimpin sama dengan tanpa ada pemimpin.”

Ali Bin Abi Thalib menyatakan: “Carilah di Dunia ini ilmu dan harta, niscaya kamu akan memimpin manusia. Orang awam akan menjadikanmu pemimpin karena hartamu, dan orang alim akan menjadikanmu pemimpin karena ilmumu.” Kaidah ini menunjukkan perlunya kapasitas untuk bisa memimpin, baik berupa harta maupun berupa ilmu pengetahuan.

Dalam kehidupan sehari-hari bisa disaksikan banyak orang yang ingin menjadi penguasa dan ingin tampil sebagai pemimpin tanpa memiliki modal kapasitas, keinginan berkuasa melebihi kemampuannya, andaikan itu bisa dicapai pun hasilnya tidak akan baik.

Ketahuilah bahwa kepemimpinan bisa terlahir dengan sendirinya jika memang pantas untuk jadi pemimpin. Tanpa harus mengejar-ngejar jabatan pun ia akan datang jika memang persyaratan untuk jabatan tersebut telah kamu penuhi. Dan jika itu sampai kepadamu, maka tunaikanlah dengan sebaik mungkin.