mtatataufik.id

media berbagi dan silaturahmi

Di Atas Langit Ada Langit

Print Friendly, PDF & Email

Status 5 desember 2018

7. Untuk Putra-putriku: فوق كل ذي علم عليم

di atas langit ada langit.

Di atas langit ada langit ini kata populer yang sering kita dengar, yang berarti bahwa tidak ada orang yang sempurna pengetahuannya, karena di atasnya pasti akan ditemui orang yang lebih pintar darinya. Dan di atasnya ada Allah SWT yang maha mengetahui. Dalam al-Qur’an perumpamaan (matsal) ini disebutkan dalam QS.12:76.

Matsal merupakan ungkapan yang populer di suatu bangsa dan diriwayatkan secara turun temurun sebagai hasil kesimpulan dari suatu pengalaman/suatu kejadian yang berulang-ulang. Untuk selanjutnya matsal digunakan sebagai pengungkapan suatu kejadian yang mirip dengan kejadian matsal itu terlahir, dalam bahasa Indonesia dikenal dengan nama peribahasa atau perumpamaan.

Melalui status ini kepada putra-putriku diharapkan dapat menyadari bahwa pencapaian pada suatu pengetahuan tertentu atau penguasaan ilmu tertentu tidaklah dapat dikatakan tuntas atau sempurna, melainkan akan ditemui banyak orang yang memiliki pengetahuan lebih dari yang kita punya. Dan yang terpenting adalah bahwa pada akhirnya harus disadari bahwa Allah SWT pemilik pengetahuan tertinggi yang tak seorangpun dapat melampaui-Nya.

Karenanya, tidak ada batas akhir dalam mencari pengetahuan, dan tidak ada kata berhenti dalam menuntut ilmu. Kemudian jika mengetahui sesuatu tidaklah untuk disombongkan, merasa paling bisa sendiri dan merasa paling tahu sendiri. Apa yang kita ketahui dari ilmu Allah itu sangatlah sedikit, jadi semakin tahu dan semakin berilmu akan dirasakan semakin sedikit pengetahuan yang dicapai, Imam Syafi’i menyatakan:

كلـما أدبني الدهـر … أراني نقص عقلي

وإذا ما ازددت علما … زادني علما بجهلي

Setiap zaman mengajariku….aku melihat kekurangan nalarku

Dan setiap bertambah ilmuku …semakin aku tahu kebodohanku.

Comments are Closed