Tafsir Inspiratif

Print Friendly, PDF & Email

 

Pengantar

Isu-isu kontemporer ketika dihadapkan dengan Al-Qur’an  bisa di batasi pada sikap dan perilaku ummat terhadap Al-Qur’an, permasalahan yang paling mendesak adalah sikap menjauhnya umat dari Al-Qur’an. Menjauh di sini bisa dilihat dari praktek kehidupan yang mencoba dilalui dengan tidak mengindahkan peringatan-peringatan Al-Qur’an, bisa juga dari segi keakraban umat dengan kitab sucinya dalam hal membaca, memahami dan mengimplementasikannya dalam kehidupan. Fungsi Al-Qur’an sebagai pedoman hidup dan tempat bertanya umat ini juga menjadi isu penting yang harus mendapat perhatian.

Dalam konteks ini maka upaya pengkajian dan penafsiran Al-Qur’an adalah upaya pengembalian perannya bagi kehidupan manusia. Untuk itu yang dibutuhkan adalah bagaimana upaya penjelasan dan penyampaian makna Al-Qur’an itu menjadi bisa dilaksanakan, dalam hal ini tafsir hendaknya menjadi semacam ilmu terapan yang bisa secara langsung menjawab kebutuhan manusia terutama dari sudut mental dan sikap ketika berhadapan dengan problematika kehidupan.

Ilmu tafsir adalah ilmu yang membahas Al-Qur’an dari segi ketepatan maknanya sesuai dengan kehendak Allah SWT sebatas kemampuan manusia. Dari sini bisa dikatakan bahwa tafsir adalah upaya memahamkan Al-Qur’an berdasarkan kemampuan manusia sehingga kehendak Allah yang termaktub dalam Al-Qur’an itu bisa bunyi dan terdengar sebagai penunjuk jalan bagi kehidupan manusia.

Ketika dihubungkan dengan kehidupan manusia, sering kali seseorang membutuhkan semacam nasehat atau arahan dari orang atau sesuatu di luar dirinya, sesuatu yang dibutuhkan tersebut akan sangat berarti jika muncul dari ayat-ayat suci yang diyakininya dalam hal ini adalah Al-Qur’an. Katakanlah ayat-ayat Al-Qur’an bisa menginspirasi pembacanya sesuai dengan kondisi yang dialaminya.

Sebagai jawaban atas permasalahan ini maka yang perlu dikembangkan adalah penafsiran yang bisa menginspirasi khalayak untuk melakukan kebaikan (al-ma’ruf) dan menghindarkan mereka dari kemungkaran. Inspirasi secara bahasa berarti suatu proses mental yang terdorong untuk melakukan atau merasakan sesuatu, terutama untuk melakukan tindakan kreatif. The process of being mentally stimulated to do or feel something, especially to do something creative. Dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Arab sering diartikan ilham; inspirational disebut الهامى .

Metodologi dalam tafsir inspiratif yang dibangun adalah dengan melakukan terlebih dahulu pemilihan ayat-ayat Al-Qur’an yang dinilai memiliki daya inspirasi yang tinggi dalam memotivasi pembacanya untuk melakukan suatu tindakan kebaikan serta memiliki daya cegah yang tinggi untuk meninggalkan kemungkaran. Kemudian dituliskan terjemahnya lalu diberikan penjelasan tafsir dengan menukil penjelasan dari kitab tafsir yang ada. Dalam hal ini apa yang coba penulis lakukan dengan mengambil dari tiga buku tafsir yang cukup di kenal di Indonesia yaitu: Ibnu Katsir, Jalalain dan al-Sa’di. Setelah menuliskan penjelasan dari tiga tafsir tersebut diakhiri dengan beberapa pelajaran yang bisa diambil dari ayat yang ditafsirkan. Dalam penyimpulan pelajaran ini tafsir inspiratif memberikan poin-poin yang bisa memberi inspirasi bagi pembacanya.

Selain poin pelajaran yang disajikan juga setiap ayat diberi judul yang bisa memberi inspirasi bagi pembaca untuk melakukan atau memahami berbagai permasalahan dengan bahasa yang sederhana, karena kesederhanaan bahasa dan penyajian juga merupakan bagian penting dari konsep tafsir inspiratif.

Tafsir Inspiratif

Tafsir Inspiratif merupakan karya dari M. Tata Taufik yang dipublish di website mtatataufik.com, kemudian diterbitkan oleh wisemindpubliser sejak tahun 2015 dan kini telah memasuki cetakan ke 3. Buku tersebut dikategorikan sebagai seri pertama dari Tafsir Inspiratif. versi cetak bisa dipesan ke Pondok Modern Al-Ikhlash Ciawilor Kuningan klik gambar untuk membeli versi pdf di google book.

Beli Edisi Digital Klik Gambar

Selanjutnya Tafsir Inspiratif seri kedua yang juga merupakan kumpulan tulisan M. Tata Taufik yang diterbitkan oleh penerbit Quanta dan telah beredar di toko buku sejak tahun 2018 lalu. Selain versi cetak juga tersedia versi digital melalui aplikasi Play Books, silahkan kunjungi Tafsir Inspiratif II