Berbagai Kebaikan

Print Friendly, PDF & Email

6. Untuk Putra-putriku: berbagai kebaikan yang didapat boleh jadi karena doa orang tua, guru, saudara, kolega, tetangga, dan sesama.

Masih tentang berdoa, putra-putriku, dalam setiap shalat atau usai shalat, kita selalu berdoa untuk diri kita, untuk sesama kaum muslimin, bahkan dalam setiap khutbah Jum’at khatib selalu berdoa untuk seluruh kaum muslimin –semuanya itu tentu saja dikabulkan oleh Allah SWT dengan segala kerahasiaan-Nya.

Maka karena doa-doa itulah banyak ni’mat yang diterima oleh kita, ketemu teman saling mendoakan, ketemu tetangga kita mohon doanya dan mendoakannya, ketemu guru, ketemu saudara dan bahkan mereka yang sudah tiada serta sesama yang kita tidak kenal satu-persatu pun kita mendoakan mereka sebagaimana mereka juga mendoakan kita. Terlebih lagi kedua orang tua kita yang selalu tak henti-hentinya berdoa untuk kita.

Ini pengalaman, waktu masih kecil masih terngiang-ngiang suara ibu yang berkata “nanti anak-anak mamah menjadi pengganti Hamka.” Harapan itu diucapkan sambil menyaksikan ceramah Prof. Dr. Hamka di TVRI puluhan tahun silam, saat itu hanya ada satu stasiun TV hitam putih pula, yang programnya tidak sehiruk pikuk sekarang. Sekarang setelah dewasa dan ibu telah tiada, ketika mendapatkan kesempatan dan berbagai ini’mat yang diberikan Allah SWT, terasa sekali bahwa itulah harapan bunda dahulu yang sedikit demi sedikit terwujud –walau belum seperti Hamka—tapi minimal diberi kesenangan menulis dan bisa menyampaikan opini. Bagi penulis hal itu dinilai sebagai terkabulkannya harapan orang tua.

Cerita lain juga disampaikan oleh KH. Imam Zarkasyi pendiri pondok modern Daarussalam Gontor, ketika menyampaikan tentang pentingnya berdoa beliau katakan: “banyak-banyaklah berdoa dan mintalah doa kepada orang lain, waktu saya masih kecil ibu saya selalu memohonkan doa untuk anak-anaknya kepada siapa saja yang bertemu dengannya. Bahkan suatu ketika ibu bertemu dengan orang yang dipandang tidak baik perilakunya,  lalu ibu mohon doa juga dari orang tersebut untuk anak-anaknya, setelah itu saya bertanya; bu mengapa minta doa sama orang itu? Apakah akan dikabulkan? Ibunya menjawab; walaupun orang tidak baik, doanya untuk kita bisa jadi dikabulkan Allah SWT.”

Oleh sebab itu kepada putra-putriku jangan lupa mintalah doa untuk kebaikanmu kepada siapa saja, terutama jika ketemu gurumu, jangan disia-siakan untuk selalu memohon doa mereka. Kemudian dengan begitu kita akan terhindar dari sikap sombong, merasa bahwa apa yang didapat karena hasil usaha sendiri semata, ingatlah ada peran orang lain dalam kesuksesan kita. Juga akan tercipta ikatan batin antara sesama sehingga bisa terwujud perdamaian dan suasana persaudaraan.